Translate

6 Apr 2014

MENGAKTIFKAN HIBERNATE PADA UBUNTU 12.04

Hibernate adalah sebuah fitur Sistem Operasi (OS) pada sebua perangkat laptop atau PC yang melakukan penyimpanan kerja memori pada memori vitual atau pada Hard Disk. Hibernate memiliki cara kerja seperti Stand by mode, bedanya Hibernate tidak membutuhkan daya sama sekali karena keadaan Laptop atau PC mati/Shut Down. Sedangkan Stand by PC dalam keadaan istirahat atau tidur namun masih membutuhkan daya untuk melakukan kerjanya.

Permasalahannya kali ini pada Ubuntu 12.04 Precise Pangolin. Secara default menonaktifkan fitur hibernate. Namun meskipun demikian kita masih bisa mengaktifkannya secara manual.



Berikut dongengnya :
Sebelum kita melakukan beberapa perintah untuk mengaktifkan fitur hibernate. Lebih dahulu kita melakukan pemeriksaan 'Apakah PC/Laptop sudah mendukung fitur hibernate atau tidak ?'.
Caranya menggunakan perintah dibawah :



sudo pm-hibernate

** Jika dengan mengetikan perntah diatas PC/Laptop anda Mati dan setelah anda hidupkan, kembali ke keadaan terakhir sebelum Pc/Laptop mati, Maka PC/Laptop anda sudah mendukung hibernate.

Setelah itu barulah kita mengaktifkan hibernate dengan perintah di bawah :

gksu gedit /etc/polkit-1/localauthority/50-local.d/com.ubuntu.enable-hibernate.pkla

Setelah file terbuka kemudian tambahkan baris dibawah ini:

[Re-enable hibernate by default]
Identity=unix-user:*
Action=org.freedesktop.upower.hibernate
ResultActive=yes


Simpan file tersebut, kemudian logout Ubuntu Anda. Jika langkahnya sudah benar maka seharusnya pilihan hibernate sudah muncul pada menu power Ubuntu. Jika masih belum muncul, coba ikuti kembali langkah diatas.


Terima kasih... 
semoga bermanfaat..


Sumber baca : http://dwihardy.wordpress.com
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar